Anda bisa mulai
presentasi baru yang kosong dari slide, template, ada presentasi, atau
Word outline.
Untuk membuat presentasi baru yang kosong:
Klik Tombol 'Microsoft Office'
Klik
'New'
Klik 'Blank
Presentation'
Untuk
membuat presentasi baru dari template:
Klik Tombol 'Microsoft Office
Klik
'New'
Klik 'Installed Templates atau Browse'
melalui Microsoft Office Online Templates
Klik 'template' yang Anda pilih
Untuk
membuat presentasi baru dari presentasi yang ada:
Klik Tombol 'Microsoft Office'
Klik
'New'
Klik 'New from Existing'
Kemudian klik 'Browse' untuk presentasi
Untuk
membuat presentasi baru dari outline Word:
Klik slide dimana anda ingin garis besar untuk memulai
Klik 'New Slide' pada tab Home
Klik 'Slides' dari Outline
Browse dan
klik 'Word Dokumen' yang berisi
outline
Menyimpan
Presentasi
Bila Anda menyimpan presentasi, Anda memiliki dua pilihan: Simpan atau
Simpan Sebagai.
Untuk menyimpan dokumen:
Klik Tombol 'Microsoft Office'
Klik 'Save'
Anda
mungkin harus menggunakan fitur Save As bila Anda perlu menyimpan
presentasi dengan nama yang lain atau menyimpannya untuk PowerPoint
versi sebelumnya.
Ingat bahwa versi PowerPoint tidak akan dapat
membuka presentasi PowerPoint 2007, kecuali jika Anda menyimpannya
sebagai Format PowerPoint 97-2003.
Untuk menggunakan fitur Save As:
Klik Tombol 'Microsoft Office'
Klik
'Save As'
Ketik nama untuk
Presentasi
Dalam kotak Simpan sebagai Jenis, pilih Power point
97-2003 Presentation
Tambahkan
Slides
Ada
beberapa pilihan bila Anda ingin menambahkan slide baru ke dalam
presentasi: Office Themes, Duplicate Selected Slide, atau Reuse Slides.
Untuk
membuat slide baru dari Office Themes:
Pilih slide SEBELUM segera di mana Anda ingin slide baru
Klik tombol 'New Slide' pada tab Home
Klik
slide yang sesuai pilihan Anda
Untuk
membuat slide sebagai duplikat dari slide dalam presentasi:
Pilih slide untuk menduplikasi
Klik tombol 'New Slide' pada tab Home
Klik 'Duplicate Selected Slides'
Untuk
membuat slide baru dari presentasi lain:
Pilih slide SEBELUM segera di mana Anda ingin slide baru
Klik tombol 'New Slide' pada tab Home
Klik
kembali 'Slides'
Klik 'Browse'
Klik 'Browse file'
Cari slide dan klik
pada slide untuk impor
Themes/Tema
Tema
tersebut adalah desain template yang dapat diterapkan untuk seluruh
presentasi yang memungkinkan untuk konsistensi seluruh presentasi. Untuk
menambahkan tema untuk presentasi:
Klik tab 'Design'
Pilih salah satu yang
ditampilkan Tema atau klik tombol Galleries
Untuk menerapkan baru warna tema:
Klik panah drop-down Warna
Memilih warna color set atau klik Create
New Theme Colors
Untuk
mengubah background style/latar belakang gaya tema
Klik tombol 'Background Styles'
pada tab Desain
Gambar Bergerak untuk presentasi PowerPoint:
Slide presentasi yang statis walaupun dibuat dengan PowerPoint tidak
jauh berbeda dengan slide transparasi yang dipakai menggunakan OHP
(overhead projector). MS PowerPoint memiliki banyak keunggulan untuk
melakukan presentasi yang kreatif dan banyak kreasi yang bisa
ditampilkan, salah satunya adalah animasi. Penggunaan efek animasi pada
presentasi antara lain:
- Presentasi menjadilebih menarik, interaktif, dan tidak monoton,
- Membantu memperjelas isi presentasi,
- Menarik perhatian audience.
MS PowerPoint tidak hanya dapat digunakan untuk presentasi oral saja,
tetapi dengan banyak fasilitas yang dimilikinya PowerPoint dapat pula
digunan untuk membuat presentasi tanpa perlu orasi pembicara. Animasi
pada PowerPoint setidaknya ada tiga macam, yaitu: gambar animasi
(animasi gif, flash, atau movie), custom animation, dan slide
transition. Custom animation menyediakan fasilitas untuk memilih dan
mengatur efek animasi sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan slide
transition adalah animasi perpindahan antar slide. Pada PowerPoint 2003
tersedia menu Animation Scheme, tetapi menu ini tidak tersedia di
PowerPoint 2007.
Tip Menggunakan Animasi
Sebelum menggunakan efek animasi pada slide Anda ada beberapa tip yang
perlu diperhatikan, yaitu:
- Jangan berlebihan. Penggunaan efek animasi yang berlebihan justru
akan membingungkan audience dan mengaburkan isi presentasi.
- Sesuaikan animasi dengan isi, tujuan, audience, dan tempat/lokasi
presentasi.
- Perhatikan waktu yang disediakan. Penambahan efek animasi akan
menambah durasi setiap slide presentasi. Semakin banyak efek yang
digunakan akan semakin banyak waktu yang diperlukan.
- Apabila efek animasi dilakukan untuk presentasi oral, jangan banyak
menambahkan efek sound. Efek sound cenderung memecah konsentrasi
audiende antara suara pembicara dengan sound animasi.
Menu Animasi
Animasi pada PowerPoint 2007 terkumpul pada menu Animasi. Perhatikan
gambar berikut ini:
Gambar 1. Menu animasi, custom animation, dan Custom Animation Task
Pane. Perangkat untuk membuat efek animasi pada PowerPoint 2007.
Fasilitas Custom Animation
PowerPoint 2007 menyediakan tidak kurang dari 203 efek animasi yang
dapat diatur propertinya. Fasilitas ini dapat digunakan untuk
memberikan efek animasi pada objek (teks, shape, picture, chart, dan
graphic). Tulisan ini akan lebih banyak membahas fasilitas ini.
Penjelasan lebih mendetail tentang custom animation akan diberikan pada
posting yang lain.
Slide Transition
PowerPoint 2007 menyediakan tidak kurang dari 59 efek slide transisi.
Gambar 2. Pilihan efek-efek transisi slide, tersedia tidak kurang dari
59 efek.
Pembuatan presentasi dengan menggunakan Power Point 2007 lebih
mudah
daripada versi sebelumnya karena fitur-fitur yang disediakan dalam
bentuk icon-icon yang tinggal klik.
Namun demikian akan sedikit
membuat bingung jika kita sudah terbiasa dengan versi sebelumnya. tapi
jangan kuatir, hanya dengan sedikit waktu untuk mempelajarinya kita akan
terbiasa, dan tentu saja akan lebih mudah.
Berikut adalah beberapa
fitur dasar yang bisa kita eksplor bersama.
1.Ribbon
Menu
ini dirancang mudah dalam menemukan fitur dan perintah dengan kategori
yang tidak menyulitkan serta kumpulan grup yang saling berkaitan satu
sama lain. Hemat waktu dan cukup memudahkan dalam membuat presentasi.
Satu lagi fasilitas terbaru adalah dapat langsung melihat perubahan
huruf/obyek atas fitur yang ingin digunakan, sebelum anda
menggunakannya.
Fitur ini disebut Ribbon, yaitu menu baru yang
menggantikan menu lama. Sangat memudahkan karena menu baru ini
mengelompokkan perintah kedalam grup-grup yang saling berkaitan.
1. Tab yang
didisain berdasarkan tahap penyusunan sebuah presentasi.
2. Grup
dalam tiap tab menu berisi tombol perintah yang umum digunakan.
3.
Tombol perintah dalam tiap group berisi rincian/pilihan perintah lainnya
yang berkaitan
2.Picture Sytle
Ini adalah fungsi baru akan anda temui jika anda menyisipkan gambar.
1.
Sesaat setelah anda menyisipkan sebuah gambar maka menu dengan nama
contextual tab akan muncul. Tab Picture Tools ini memuat beberapa grup
baru yang sangat memudahkan kita untuk memperindah gambar yang telah
kita sisipkan.
2. Pada grup Picture Styles, terdapat
bermacam-macam disain bingkai (edge) tampilan untuk memperindah gambar
yang telah kita sisipkan.
3.SmartArt
SmartArt adalah hasil peleburan menu Diagram
and Organization Chart dengan beberapa fitur baru. Caranya
pergi ke Tab Insert, temukan Grup Illustrations,
klik tombol perintah SmartArt.
Berikut adalah ilustrasinya:
Dari
gambar dibawah ini terlihat betapa mudahnya anda berkreasi dengan
SmartArt. Beragam disain yang disediakan mampu meringankan dan
mempercepat pekerjaan anda, berikut tampilannya:
5.Format Ekstensi baru
Format tersebut berakhiran x, hal ini untuk memudahkan file-file office
bekerja sama dengan xml. Berikut diantaranya:
- PPTX format (regular PPT 2007 file)
- PPTM (PPT + macros)
- PPSX (PowerPoint 2007 Show file)
- PPSM (PowerPoint 2007 Show + macros)
- POTX (PPT 2007 template)
- POTM (PPT template + macros)
- PPAM (PPT add-in)
6.Text Effect
Cari Tab Menu Format, temukan Grup WordArt
Styles, lalu klik Text Effects. Disana akan
anda temui berbagai efek baru (Shadow, Reflection, Glow, Bevel, 3-D
Rotation, Transform), berikut tampilan menu Text Effect:
1 Pendahuluan
Setelah membaca bab ini, anda diharapkan memperoleh gambaran singkat
tentang PowerPoint dan membuat Presentasi serta menyuntingnya.
2 Power Point dan Presentasi
Presentasi merupakan kegiatan yang
penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan
berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka membeli
produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain.
Salah satu alat peraga yang dapat
digunakan untuk mendukung presentasi adalah computer. Adapun salah satu
perangkat lunak yang dapat dipakai adalah PowerPoint yang merupakan
bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan software ini seseorang
dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk visual yang menarik
dalam waktu yang singkat.
2.1 Fitur-fitur Power Point
PowerPoint menawarkan
kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk
elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan
komponen-komponen multimedia yang meliputi:
- Teks
- Gambar dan Grafik
- Foto
- Suara
- Film
PowerPoint juga memungkinkan komunikasi
dengan software lain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel.
Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya
melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke
PowerPoint.
3 Menjalankan Power Point
Tekan tombol start di pojok kiri bawah
layar monitor. Pilih Program, kemudian klik Microsoft Power Point,
sehingga muncul gambar 9.1.
Penjelasan Gambar:
- Window sebelah kiri adalah nomor slide diawali dengan nomor1
- Window yang tengah tempat kita menempatkan fitur-fitur Power Point
beserta formatnya (Bentuk, Background, animasi, Transisi dan sebagainya)
yang disebut dengan Slide
4 Menciptakan Presentasi
Setelah anda menghadapi tampilan
sebagaimana terlihat pada gambar 9.1. Anda bisa langsung membuat
presentasi. Slide pertama adalah slide dengan format layout untuk Judul
presentasi. Anda ketikkan langsung saja Judul dan Sub Judul pada slide
yang pertama. Misalnya kita akan buat slide tentang Pengenalan Internet
maka tampilan slide pertama seperti pada contoh Gambar 9.2.
Untuk menambahkan slide baru, klik
tombol New Slide maka akan muncul window Office Theme yang berisi
beberapa format layout slide yang dapat kita pilih. Lebih jelasnya dapat
dilihat pada Gambar 9.3 berikut ini.
Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
- Teks Layouts, yang berisi Layout khusus
untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk
judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and
Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan
pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
- Content Layouts, yang berisi Gambar,
bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content
berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan
Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang
disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan
Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua
baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang
kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya
kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.
- Text and Contents Layout
Yaitu
gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat
memilih salah satu model yang diinginkan.
- Other Layout
Model Slide out yang
lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih
sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya kita akan memilih layout Title and Content, maka akan muncul
tampilan seperti pada Gambar 9.3 Dan kita bisa menambahkan tulisan
presentasi pada slide kedua misalnya seperti pada Gambar 9.3.
Sekarang mari kita membuat slide ketiga dengan bentuk yang berbeda,
misalnya bentuk layout Title and 2 Content. Kemudian tambahkan tulisan
pada slide ketiga tersebut sebagai berikut.
- Pada bagian Click to add title ketikkan:
Sumber Daya di Internet
- Lalu klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kiri
dan Tuliskan:
E-mail
Mailing list
Newsgroup
Web
- Klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kanan.
- Tuliskan
Telnet
FTP
Gopher
Chat
Hasil langkah di atas sebagai berikut:
4.1 Membuat Slide dengan gambar, clipart, tabel, grafik atau obyek
lainnya
- Klik tombol Insert New Slide kemudian pilih layout Title and Two
Content.
- Pada Title ketikkan “Arsitektur Internet”.
- Pada Content yang pertama ketikkan:
o Dapat menghubungkan seluruh komputer di dunia
o Dapat berkomunikasi antar komputer
- Pada Content yang kedua, jika ingin menambahkan gambar dengan cara
klik picture pada content, kemudian akan muncul kotak dialog Insert
Picture dan pilih file gambar yang akan dimasukkan ke silde.
- Jika ingin menambahkan clipart, maka klik icon clipart pada slide di
content 2 kemudian akan muncul kotak dialog Insert Clip Art sebagai
berikut.
- Jika ingin menambahkan grafik maka akan muncul Kotak dialog grafik
seperti pada materi di Microsoft Excel.
5 Mengenal Tombol-Tombol Pengatur Pandangan.
Di bagian kanan bawah terdapat tiga buah tombol yang berguna untuk
mengatur pandangan terhadap slide. Ketiga tombol tersebut diperlihatkan
pada gambar berikut:
5.1 Normal View
Pada
keadaan normal, pandangan inilah yang ditampilkan. Pada pandangan ini,
bidang yang berisi wujud slide lebih ditonjolkan daripada bidang-bidang
lainnya. Gambar 9.4 ditampilkan dalam wujud Normal View.
5.2 Slide Sorter View
Pada pandangan ini, semua slide akan ditampilkan dalam
ukuran kecil dan disusun dalam format baris dan kolom.
Hal ini sangat bermanfaat untuk melihat semua slide secara sepintas.
Untuk menampilkan salah satu slide, anda dapat mengklik ganda pada slide
yang bersangkutan.
5.3 Slide Show View
Tombol ini berguna untuk menampilkan slide-slide yang
telah dibentuk, dimulai dari slide pertama. Caranya:
- Aktifkan slide pertama.
- Klik tombol Slide Show View
Muncul tampilan berikut:
Untuk menampilkan slide berikutnya tekanlah tombol Page Down, jika
slide sebelumnya tekanlah tombol Page Up. Tombol Home dapat anda gunakan
untk menuju slide pertama dan End untuk menuju slide terakhir. Untuk
mengakhiri presentasi tekanlah tombol Esc. Anda juga bisa mengakhiri
dengan cara klik kanan mouse kemudian pilihlah End Show.
6. Menukarkan Posisi Slide
Untuk menukar posisi
slide, pilihlah Normal View. Sebagai contoh langkah berikut digunakan
untuk memindahkan slide keempat menjadi slide ketiga.
- Klik ikom kotak slide milik slide keempat, dan tahan. Langkah ini
membuat slide keempat diblok.
- Geser mouse sehingga penunjuk mouse berada di atas ikon Slide milik
slide ketiga.
- Lepaskan penekanan terhadap tombol kiri mouse, hasilnya
7. Menghapus Slide
Penghapusan slide dapat
dilakukan dengan berbagai cara. Contoh berikut menunjukkan cara
penghapusan slide kelima.
- Klik ikon slide milik slide kelima.
- Tekan tombol Delete
Slide kelima akan terhapus dari Internet.ppt.
8. Menduplikasi Slide
Adakalanya kita perlu
menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide
yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu
slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:
- Klik pada ikon slide milik slide keempat
- Pilih menu Edit lalu klik Duplicate.
9. Menyisipkan Slide
Bila anda ingin
menambahkan slide baru, tetapi bukan sebagai slide terakhir, anda dapat
memilih slide yang terletak tepat sebelum slide baru disisipkan.
Contoh
berikut akan menyisipkan slide baru yang akan diletakkan sebagai slide
keempat.
- Klik ikon slide milik slide ketiga.
- Klik Insert New Slide
- Pilih Layout Slide yang dinginkan
10 Menambahkan Latar Belakang Slide
Sejauh ini
anda membuat slide dengan tampilan latar belakang yang polos. Pada bab
ini anda akan mempelajari berbagai cara untuk membuat latar belakang
sehingga presentasi menjadi lebih menarik.
10.1 Menggunakan Template
Pemberian latar belakang pada semua
slide dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menerapkan template.
Anda bisa memilih salah satu dari template yang disediakan oleh
PowerPoint.
Ikuti langkah-langkah berikut:
- Klik menu Design, kemudian pada panel theme pilih salah satu design
yang kita inginkan. Untuk melihat pilihan design lainnya klik vertikal
scrollbar sebelah kanan pada panel theme. Berikut adalah tampilan panel
theme.
2. Pilihlah template yang anda kehendaki misalnya Oriel, maka hasilnya
adalah seperti pada Gambar 9.13 berikut ini.
10.2 Mengatur Skema Warna untuk semua Slide
Template background yang
telah anda pilih bisa diganti warnanya dengan cara:
1. Klik Colors pada toolbar kiri atas kemudian pilih komposisi warna
yang diinginkan.
Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 9.14
berikut ini.
2. Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang
sudah
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design
kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya
seperti pada Gambar 9.15 berikut ini.
3. Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang
sudah
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design
kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya
seperti pada Gambar 9.15 berikut ini.